Tempe Mendoan Milik Masyarakat Banyumas

Tempe Mendoan Milik Masyarakat Banyumas



Tempe mendoan Jadi Berita Hot Dan Menarik Di Berbagai Media Baik Media Televisi koran Dan Media Sosial Tentunya. Karena Hak Eksklusif Di Berikan Kepada Pengusaha Tempe Mendoan Fuji Wong.

Sampai Bupati Banyumas Hingga Anggota dewan turun tangan dan bersuara menolak keras tentang pemberian hak eksklusif atau paten terhadap tempe mendoan.

Sejarah Tempe Mendoan Milik Masyarakat Banyumas


Mendoan mungkin bagi sebagian orang asing ditelinga dengan nama kuliner tradisonal Indonesia ini. Namun, untuk sebagian besar masyarakat yang ada di Pulau Jawa nama makanan kuliner tempe mendoan bukanlah hal yang asing. Kuliner tempe mendoan sering kita temukan bila kita mengunjungi kawasan Jawa Tengah, khususnya di kawasan daerah Banyumas, Cilacap, Purwokerto dan sekitarnya.

Tempe Mendoan Milik Masyarakat Banyumas



Makanan ini terbilang sangat unik, terbuat dari tempe yang di iris tipis, lalu dicampurkan dengan adonan bumbu-bumbu yang khas tradisional Indonesia yang di jadikan satu dengan tepung terigu, lalu di goreng setengah masak. Sebagai teman makan tempe mendoan ini sering menggunakan sambel kecap manis, yang diberi bawang merah, dan cabe rawit serta sedikit garam sebagai pelengkap. Kuliner tempe mendoan disantap pada saat masih hangat sebagai teman minum teh atau ngopi.

Tentu dari para sobat bertanya tanya dalam hati. Mengapa tempe ini di gorengnya setengah matang ? Bila kita melihat dari asal usul kuliner tempe mendoan ini yang berasal dari Banyumas. Kata "Mendoan" yang berasal dari kata "Mendo" itulah yang merupakan bahasa yang berasal dari bahasa Banyumasan yang berarti setengah matang. Jadi tempe ini di goreng hanya setengah matang saja. Kalau digorengnya matang, bukan menjadi tempe mendoan, tapi menjadi tempe goreng atau tempe kemul biasa. 
Medoan ini bisa anda rasakan dari ujung lidah hingga ke hati, dan nikmati sensasi perpaduan bumbu-bumbu tradisional Indonesia yang khas di setiap kunyahannya. Hm....pasti bikin ketagihan lho.


Kandungan Gizi Pada Tempe Mendoan Milik Masyarakat Banyumas :

Mendoan mengandung energi sebesar 92 kilokalori, protein 4,89 gram, karbohidrat 16,19 gram, lemak 1,04 gram, kalsium 26 miligram, fosfor 47 miligram, dan zat besi 2,01 miligram.  Selain itu di dalam Mendoan juga terkandung vitamin A sebanyak 9 IU, vitamin B1 0,05 miligram dan vitamin C 0 miligram.  Hasil tersebut didapat dari melakukan penelitian terhadap 100 gram Mendoan, dengan jumlah yang dapat dimakan sebanyak 100 %.

Tempe Mendoan Banyumas 

Informasi Rinci Komposisi Kandungan Nutrisi/Gizi Pada Mendoan :


  • Nama Bahan Makanan : Mendoan
  • Nama Lain / Alternatif : - 
  • Banyaknya Mendoan yang diteliti (Food Weight) = 100 gr 
  • Bagian Mendoan yang dapat dikonsumsi (Bdd / Food Edible) = 100 %
  • Jumlah Kandungan Energi Mendoan = 92 kkal
  • Jumlah Kandungan Protein Mendoan = 4,89 gr
  • Jumlah Kandungan Lemak Mendoan = 1,04 gr
  • Jumlah Kandungan Karbohidrat Mendoan = 16,19 gr
  • Jumlah Kandungan Kalsium Mendoan = 26 mg
  • Jumlah Kandungan Fosfor Mendoan = 47 mg
  • Jumlah Kandungan Zat Besi Mendoan = 2,01 mg
  • Jumlah Kandungan Vitamin A Mendoan = 9 IU
  • Jumlah Kandungan Vitamin B1 Mendoan = 0,05 mg
  • Jumlah Kandungan Vitamin C Mendoan = 0 mg


Resep Tempe Mendoan Milik Masyarakat Banyumas


Tempe mendoan merupakan sejenis masakan tempe kedelai yang dibuat dengan cara mengiris tempe menjadi lebih tipis dan menggoreng tempe yang telah diolah dengan cara mencampurnya dengan tepung terigu sehingga tempe terasa lebih gurih dan renyah.

Di wilayah Banyumas, tempe yang biasa digunakan untuk mendoan adalah sejenis tempe bungkus yang lebar dan tipis, akan tetapi tempe mendoan pun bisa dibuat dari tempe biasa yang diiris tipis-tipis dan melebar. Tempe mendoan sangat disukai oleh banyak orang, tanpa memandang usia dan kalangan, teksturnya yang renyah dan gurih membuat orang ketagihan, tempe mendoan bisa dijadikan sebagai lauk untuk menemani makan siang atau dinikmati sebagai camilan bersama saos botolan atau sambal terasi.

Sebenarnya, mendapatkan tempe mendoan tidaklah sulit, tempe mendoan dijual di berbagai tempat, baik di pinggir jalan maupun di dalam restoran dengan berbagai ciri khas dan keunggulan, akan tetapi menikmati tempe mendoan tidak hanya bisa Anda lakukan dengan cara membelinya saja, Anda pun bisa membuat tempe mendoan sendiri di rumah, tentunya dengan melihat resep tempe mendoan yang sederhana dan mudah di bawah ini.

Resep Tempe Mendoan Milik Masyarakat Banyumas

Resep Tempe Mendoan Milik Masyarakat Banyumas


Bahan utama:

- Untuk membuat tempe mendoan yang lezat, Anda membutuhkan 300 gram tempe yang telah diiris lebar-lebar dan tipis, sesuaikan saja dengan selera Anda

- Siapkan dua batang bawang daun yang telah dicincang halus

- Siapkan 100 gram tepung beras

- Siapkan satu sendok makan tepung terigu

- Siapkan 125 ml air dan minyak goreng secukupnya yang mana akan digunakan untuk menggoreng seluruh adonan tempe mendoan

Resep tempe mendoan untuk bumbu halus:

- Agar rasa tempe mendoan lebih nikmat dan berkarakter, Anda bisa menggunakan bumbu halus, diantaranya ada dua siung bawang putih

- Tambahkan juga dengan satu siung bawang merah

- Satu sendok teh ketumbar

- Setengah sendok tah merica butiran dan dua sendok garam untuk rasa

Cara Membuat Tempe Mendoan Milik Masyarakat Banyumas

1. Membuat tempe mendoan tidaklah sulit, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan membuat adonan tepung terlebih dahulu. Aduk tepung dengan bumbu halus lalu masukkan bawang daun dan tambahkan sedikit air hingga membentuk adonan tepung yang sesuai dengan keinginan Anda

2. Setelah adonan tepung siap untuk digunakan, celupkan satu persatu tempe yang telah diiris tipis ke dalam adonan tepung hingga terendam dengan baik, agar bumbunya meresap ke dalam tempe, maka biarkanlah terlebih dahulu selama beberapa menit

3. Siapkan penggorengan dan panaskan minyak goreng hingga benar-benar panas dengan api sedang, masukkan satu persatu adonan tempe mendoan ke dalam penggorengan yang berisi minyak goreng.

4. Goreng selama beberapa menit hingga kedua sisinya berwarna kuning kecoklatan atau matang sempurna, angkat tempe dan tiriskan

5. Setelah semua adonan tempe mendoan digoreng dengan sempurna di dalam minyak goreng, tata tempe mendoan dalam piring saji dan sajikan selagi hangat bersama saus sambal botolan

Tempe mendoan bisa menjadi alternatif camilan yang jauh lebih murah dibandingkan dengan camilan lainnya, selain sangat mudah untuk dibuat, bahan baku dan semua bumbu rempahnya pun termasuk mudah untuk didapatkan. Selain bisa dijadikan sebagai camilan, tempe mendoan akan menjadi teman makan siang atau makan malam yang lezat.

Akan tetapi karena diolah dengan cara digoreng, mengkonsumsi tempe mendoan tidak bisa dilakukan setiap hari. Resep tempe mendoan yang lezat ini akan membantu Anda mendapatkan tempe mendoan yang lezat sesuai keinginan Anda.


Bisnis Tempe Mendoan Milik Masyarakat Banyumas


Adalah kisah sukses mendoan dhemit dari Yogyakarta. Pemilik usaha ini telah menjalankan bisnis selama 3 tahun terakhir. Harga tempe yang ditawarkan adalah Rp 1.000 satuannya. Apa saja yang dilakukan mendoan dhemit hingga merubah tempe mendoan hasilkan omzet 9 juta rupiah per bulan?

Bisnis Tempe Mendoan Milik Masyarakat Banyumas


Harga jual Tempe Mendoan Milik Masyarakat Banyumas

Seperti sudah disampaikan di atas harga jual mendoan dhemit adalah Rp 1.000,- . Sebuah harga yang bisa membuat banyak orang tertarik untuk membeli mendoan dhemit dengan bumbu khusus.

Rasa Tempe Mendoan Milik Masyarakat Banyumas

Sebagai produk panganan maka rasa memainkan peranan penting. Mendoan dhemit pada dasarnya memiliki kemiripan dengan mendoan banyumas tapi terdapat bumbu khusus yang membuat rasa mendoan dhemit sulit dilupakan konsumen setianya.

Ragam Tempe Mendoan Milik Masyarakat Banyumas


Dalam berbisnis, kemauan konsumen merupakan kunci utama sukses. Mendoan dhemit tersedia dalam beberapa jenis seperti original, kaku, sedang sampai kering. Konsumen dapat membeli mendoan sesuai kesukaan dan kebutuhan mereka.

Tawaran Bisnis Tempe Mendoan Milik Masyarakat Banyumas

Sistem penjualan mendoan dhemit memiliki tawaran khusus. Jika konsumen membeli mendoan seharga Rp 5.000,- akan diberi satu mendoan tambahan secara gratis.

Tempat berjualan Tempe Mendoan Milik Masyarakat Banyumas


Sudah menjadi rahasia umum, tempat berjualan memegang peranan penting dalam peluang usaha mendoan. Tempat strategis seperti di depan kampus bisa mempercepat waktu kembali modal pengusaha tempe mendoan.

Membuat program kemitraan Tempe Mendoan Milik Masyarakat Banyumas


Mendoan dhemit membuka peluang usaha kemitraan bagi mereka yang tertarik membuka usaha serupa atas nama mendoan dhemit. Investor harus merogoh kocek 12 juta untuk bisa menjalankan usaha mendoan dhemit. Dengan penjualan 300 mendoan per hari dalam sebulan omzet usaha mendoan ini bisa hasilkan 9 juta rupiah

Jadi Tidak Heran Jika Tempe Mendoan Hingga Di Daftarkan Hak Paten Ekslusifnya tentu jika semua pengusaha tempe mendoan membayar hak paten kalau mau berbisnis tempe mendoan, bisa di bayangkan penghasilan fuji wong. Tapi Masyarakat banyumas Dan Sekitarnya tidak tinggal diam hingga beramai ramai menolak danj mengecam keras pemilik hak paten.

Peluang Usaha Tempe Mendoan


Tetapi Sejarah Dan Fakta Tidak Bisa Berkata Bohong Sehingga Kesimpulan sudah Dapat Di Pastikan Bahwa Tempe Mendoan Milik Masyarakat Banyumas.

0 komentar: